Tuturial Membuat Blog Cuma 5 Menit | Gratis!

membuar blog gratis

Ada banyak media dan kegiatan di dalam dunia internet, seperti media sosial, media majalah online, berita, forum, juga Blogger. Jika kita mengenal Instagram sebagai media sosial yang menonjolkan gambar, ada juga platform khusus untuk yang suka menulis di internet yaitu blog.

Mengenal apa itu blog

Mungkin kita mengenal banyak platform menulis, seperti Wattpad misalnya. Namun, bedanya blog ini kita sendirilah pengelolanya, bukan numpang nulis di situs lain. Mulai dari tema, widget, konten, serta nama blog itu sendiri ditentukan oleh keinginan kita. Jadi, mirip website lah ya, cuma lebih khusus ke postingan berupa artikel dan gambar.

Blog sifatnya lebih personal, kita bebas mau nulis ngunggah konten apa saja asal tidak melanggar aturan hukum di negera tersebut. Mau sekedar curhat melampiaskan unek-unek pun boleh-boleh saja, tidak harus mengikuti kaedah menulis atau artikel yang baik itu seperti apa.

O iya, situs ini propeciafn.com juga termasuk kategori blog. Langsung saja ke pembahasan membuat blog cuma 5 menit atau bahkan tidak sampai segitu.

Tutorial membuat blog

Pertama, saya merekomendasikan membuat blog di platform Blogger.com karena sangat mudah, kita hanya membutuhkan akun Google untuk login yang pasti hampir semua pengguna ponsel Android memilikinya.

  1. Akses Blogger.com atau klik disini!
  2. Klik create your blog/buat blog
  3. Masuk menggunakan akun Google
  4. Masukkan nama blog
  5. Alamat blog (masukkan sampai ‘alamat blog tersedia’
  6. Nama tampilan kamu

Lihat gambar:

membuat blog gratis mudah

Sampai di situ blog kamu sudah jadi, mudah bukan?  Buat postingan pertama kamu dengan mengklik tombol + berwarna jingga di sudut kanan bawah dashboard postingan, kamu bisa mengubah tampilan tema blog, menghapus/menambahkan widget, dan lain-lain. Jelajahi saja semua menu yang ada.

Platform lain yang saya rekomendasikan adalah WordPress.com di sana kamu juga bisa membuat blog dengan mudah. Untuk tutorialnya tidak jauh beda, hanya untuk kostumisasi Blogger.com lebih banyak menu/pilihannya. Sedang WordPress.com menurut saya memiliki keunggulan berupa tema bawaan yang nampak lebih elegan.

You May Also Like

2 Comments

  1. Do you mind if I quote a few of your articles as long as I provide credit and sources back to your webpage?
    My blog site is in the exact same area of interest as yours and my visitors would certainly benefit from some of the information you provide here.

    Please let me know if this alright with you. Regards!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Admin jika ada keperluan.