Sangat Penting Untuk Menjaga Kesehatan Mental Anda

Menjaga kesehatan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan setiap orang. Dalam hal ini kesehatan yang perlu dijaga tidak hanya sebatas kesehatan fisik saja, melainkan kesehatan mental atau batin juga perlu diperhatikan. Jika kondisi fisik sehat namun mental terganggu maka hal ini akan berpengaruh pada kehidupan. Begitupun sebaliknya sehingga keduanya harus seimbang untuk hidup lebih baik dan produktif.

Kesehatan batin atau mental dalam hal ini berkaitan dengan hal-hal yang menunjukan kesejahteraan setiap individu dalam mewujudkan potensi diri sendiri. Dengan kata lain bahwa mental yang sehat bisa mengelola tekanan hidup, mengelola emosi, dan bisa lebih produktif dalam menjalani kehidupan. Banyak dampak positif yang akan terjadi dalam kehidupan dengan mental yang sehat.

Apa Saja yang Mempengaruhi Kesehatan Mental?

Faktor yang mempengaruhi kesehatan mental memang beragam sehingga orang yang mengalami hal tersebut pastinya disebabkan oleh faktor yang berbeda-beda. Beberapa faktor yang mempengaruhi kesehatan mental diantaranya yaitu:

  • Mengalami riwayat kekerasan sehingga menyisakan trauma
  • Mengalami pelecehan seksual
  • Masalah ekonomi semisal terlilit hutang dan kemiskinan
  • Stress karena tidak memiliki pekerjaan dan penghasilan
  • Tinggal di lingkungan yang buruk
  • Memiliki penyakit yang tak kunjung sembuh
  • Faktor genetik
  • Mengalami cedera pada bagian kepala
  • Pengaruh zat-zat berbahaya seperti alkohol, obat-obatan kimia dan lainnya yang merusak saraf otak
  • Mengalami kerugian dalam berbisnis
  • Dan lain-lain

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Yang Tidak Boleh Disepelekan

pentingnya-menjaga-kesehatan-mental

Menjaga kesehatan mental merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan. Tidak ada terkecuali setiap orang di semua usia wajib untuk memperhatikan hal tersebut jika ingin hidup lebih baik dan tenang. Jika kesehatan mental terganggu maka hal ini akan berdampak buruk dalam kehidupan. Untuk itulah menjaga kesehatan batin tersebut memang harus diseimbangkan dengan menjaga kesehatan fisik. Beberapa alasan pentingnya menjaga kesehatan mental diantaranya yaitu sebagai berikut!

Hidup Lebih Produktif

Fisik dan mental yang sehat pastinya bisa mendukung kehidupan yang lebih baik. Bahkan orang yang sehat secara fisik dan mental bisa lebih produktif dalam segala hal yang baik. Banyak ide-ide positif yang pastinya akan tercipta dari pikiran yang sehat. Dengan demikian kehidupan akan berjalan dengan lebih produktif sehingga bisa menjadi orang sukses.

Mampu Menghadapi Persoalan Kehidupan dengan Bijak

Jika kesehatan mental dijaga dengan baik maka bisa lebih tenang dalam menghadapi segala peliknya persoalan dalam kehidupan. Setiap masalah yang datang bisa dihadapi dan disikapi dengan lebih bijak sehingga meminimalisir stress.

Berkomunikasi dan Bersosialiasi dengan Baik

Orang yang sehat secara fisik dan mental pastinya mampu bersosialisasi dan berkomunikasi dengan baik. Kehidupan sosialnya jauh lebih baik dan positif. Dari segi pergaulan dan pertemanan pastinya lebih ke arah yang positif dan terhindar dari tindakan yang merugikan dirinya dan orang lain.

Menghindarkan Penyakit

Ada pepatah yang menyebutkan bahwa “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. Jika diartikan yaitu seseorang dengan mental yang sehat maka akan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya atau kronis. Dengan alasan itulah kesehatan batin harus benar-benar dijaga dengan baik.

Kiat-kiat Untuk Menjaga Kesehatan Mental

kiat-kiat-menjaga-kesehatan-mental

Mengingat pentingnya menjaga kesehatan mental, maka simak berikut ini beberapa kiat untuk menjaga kesehata mental agar hidup lebih baik!

  1. Usahakan untuk senantiasa menjaga pikiran positif
  2. Hindari hal-hal yang membuat stres
  3. Menjaga hubungan baik dengan setiap orang
  4. Biasakan untuk istirahat cukup dan jangan begadang
  5. Rutin berolahraga dan menjaga asupan nutrisi
  6. Jangan sungkan meminta bantuan orang jika ada kesulitan
  7. Hindari pola hidup yang buruk
  8. Jangan mengkonsumsi alkohol, obat-obatan dan merokok
  9. Biasakan untuk bersosialisasi
  10. Jika ada permasalahan yang tidak bisa diatasi sendiri, maka biasakan untuk bercerita kepada orang terdekat.

Menjaga keseahatan mental memang tidak bisa dianggap sepele. Terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini memang banyak faktor yang bisa mengakibatkan terganggunya kesehatan batin. Misal salah satunya himpitan ekonomi yang kian sulit. Semua itu perlu dikelola dengan baik agar tidak menjadi penyebab gangguan mental.

Menurut riset KEMENKES (Kementrian Kesehatan) Republik Indonesia mencatat selama Pandemi Covid-19 ini gangguan kesehatan mental Tahun 2020 mencapai angka 277 ribu kasus. Terjadi peningkatan yang mana di Tahun 2019 hanya 197 ribu kasus saja. Untuk itulah pastikan untuk senantiasa menjaga kesehatan fisik dan mental agar hidup lebih baik dan lebih produktif.

Previous Post

No more post

You May Also Like