Pengalaman dan Pendapat Saya Mengenai P-store.net

P-store.net bisa dibilang toko online yang menyediakan aneka kebutuhan di dunia internet, ada macam-macam jenis sampai saya bingung nyebutinnya. Mulai dari kebutuhan blog/website, hiburan, sosial media, hingga ada juga jasa menulis. Kelebihannya tentu ada di harga, tidak sedikit seller mamatok harga murah.

Harga murah tentu menjadi keuntungan sendiri buat buyer atau pembeli, tapi ada beberapa hal membuat saya mempertanyakan sesuatu, di antaranya mengenai apakah produk yang dijual di sana pasti legal? Mungkin sudah wajar saat kita membelinya, apalagi sudah ditulis keterangannya. Hanya saya menyayangkan.

Saya menyoroti produk berupa tema blog, tidak peduli jika itu buatan luar, tapi bagaimana dengan karya delevoper lokal? Seperti pembuat tema, meski sekarang saya lihat beberapa tema premium tidak ditemukan (mungkin ada teguran atau kesadaran), tapi masih saja ada ditemukan menggunakan embel-embel original.

Lebih menghargai developer lokal

pengalaman-order-di-p-store-net

Lihat gambar di atas, bukankah ini sangat murah? Tema blogspot Median-Ui dari developernya 130 ribu, sedang ada seller menjualnya senilai 1$ atau setara 14 ribu rupiah. Dulu saya pernah menjual tema wordpress lokal dengan akunnya (lisensi), sudah tidak saya pakai, tapi ditangguhkan. Why?

Dari perkembangannya p-store saya rasa bisa dikatakan berbenah, terbukti dari beberapa tema yang dulunya mudah ditemukan sekarang tidak ada. Saya berharap p-store mendukung (menghargai) karya developer lokal, dengan cara membatasi produk yang diperbolehkan.

Pengalaman order di p-store

pengalaman-order-di-p-store-net

Bisa dilihat di gambar, dari 15 orderan ada 5 dibatalkan. Ada karena seller tidak merespon dan refund atau pengembalian dana. Secara sistem jual-beli dikatakan aman, tapi untuk produk memang tergantung sellernya, p-store sebagai penyedia lapak.

Kebanyakan produk di sana berwujud script dan layanan, artinya kejujuran seller sangat penting. Apakah script aman, layanan yang dijual (pihak ketiga) itu sesuai, after salesnya gimana.

Secara pengalaman order di sana … tidak ada masalah, cuma mungkin tidak adanya standar atau jaminan bahwa produk yang dijual seller itu aman dan telah melalui pemeriksaan dari pihak p-store, khususnya jika itu berupa script? Jadi, lebih bagus kalau membeli produk itu kita sudah tahu, misal artikel bagus itu gimana, bisa mengecek apakah script itu aman. Jangan sampai sudah rugi (mengalami masalah) baru komplain, iya duit bisa direfund, tapi bagaimana dengan kerugian lain?

Ada harga ada barang, masalah seperti itu sudah menjadi resiko.

Catatan: Saya tidak berusaha menjelekkan, apalagi sedang promosi. Postingan ini merupakan keluhan dan pengalaman selama yang saya ketahui di p-store.net

Previous Post

No more post

Next Post

No more post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Admin jika ada keperluan.