Mengenal Bunga Mawar dan Kegunaannya

mengenal-bunga-mawar-dan-kegunaannya

Bunga Mawar begitu popular serta banyak digandrungi khususnya bagi seseorang yang sedang jatuh cinta, Mawar sering kali menjadi lambang cinta, anti kekerasan, dan sebuah gejolak jiwa antar lawan jenis.

Mawar merupakan tanaman berbunga berasal dari genus Rosa, dan family Rosaceae. Terdapat sekitar 300 spesies bunga mawar yang tersebar sebagian besar di wilayah Asia, umumnya  merupakan tanaman semak berduri. 

Tanaman mawar bisa mencapai tinggi antara 2-5 meter, bahkan dapat mencapai 20 meter untuk Mawar yang merambat di tanama lain.

Wilayah Asia memiliki sebagian besar spesies bunga Mawar, sedang sisanya ada di Amerika Utara, Eropa, dan Afrika. Bentuk serta rupa Mawar bervariasi, dalam hal warna dan ukuran. Mulai dari yang tingginya hingga tujuh meter, dan Mawar yang ukurannya mungil. Beberapa spesies mudah dikembangbiakkan hingga menjadi tanaman hias.

mengenal-bunga-mawar-dan-kegunaannya

Etimologi dan Botani

Rose atau dalam bahasa Indonesia menyebutnya Mawar, asal-mulanya dari bahasa latin yaitu  Rosa.

Pada umumnya bunga Mawar memiliki 5 helai mahkota, berbeda dengan spesies Rosa Serice yang memiliki mahkota 4 helai. Warna yang sering dijumpai adalah merah, putih, dan merah muda.

Selain untuk perlindungan, duri Mawar juga berfungsi menjadi pengait yang memudahkan merambat. Daun spesies Mawar pada umumnya memiliki ukuran 5-15 cm dengan arah berlawanan. Bentuknya lonjong dengan tulang sirip, sedang bagian tepi meruncing.

Sebagian besar bunga Mawar di Indonesia adalah jenis Medium dan Hybrid Tea, hanya ada beberapa spesies Mawar tumbuh di wilayah Asia Tenggara yang selalu berdaun setiap tahun. Bunga Mawar bukanlah tanaman tropis, sebagian besar Mawar merontokkan daunnya.

Manfaat dan Kegunaan Bunga Mawar

Selain untuk memperindah tempat/ruangan, bunga Mawar memiliki kegunaan lain yaitu minyaknya dijadikan parfum. Manfaat lain yang bisa diperoleh adalah sebagai antibakteri, anti-depresan, antivirus, dan sumber vitamin C. Dapat juga digunakan sebagai campuran selai, jelly, teh, serta makanan lainnya.

Kepopuleran bunga Mawar tak luput dari banyaknya permintaan yang menjadikannya sebagai bunga hias. Meskipun begitu, faktor musim di Indonesia membuat pengembangan Mawar lambat karena ketergantungan terhadap musim, selain karena faktor penyakit pada tanaman dan pertumbuhan lambat.

Pembuatan parfum dari minyak Mawar berasal dari proses penyulingan dan penguapan mahkota, minyak Mawar kuning keabu-abuan atau kuning pucat. Membutuhkan sekitar 2.000 bunga Mawar untuk menghasilkan 1 gram minyak Mawar. C10H180 merupakan rumus minyak Mawar.

Mawar Sebagai Makanan dan minuman

Bunga mawar juga digunakan sebagai penyedap atau untuk menambah aroma pada makanan. Ada juga yang membuat manisan dari kelopak mawar. Mawar juga dapat dibuat menjadi selai, jeli, campuran teh, terutama karena kandungan vitamin C nya yang tinggi. 

Kelopak atau kuncup bunga mawar kadang-kadang dikombinasikan dengan tanaman herbal lain untuk membuat teh herbal. Di beberapa negara, mawar juga dibuat menjadi sirup yang dibuat dari ekstrak kelopak mawar yang bisa disajikan sebagai makanan penutup.

mengenal-bunga-mawar-dan-kegunaannya

Mawar sebagai Obat

Mawar terutama dari jenis Rose canina, digunakan sebagai sumber vitamin C. Ia memiliki tingkat vitamin yang signifikan dan telah digunakan sebagai suplemen makanan. Banyak mawar digunakan dalam obat-obatan herbal dan obat tradisional. Beberapa spesies mawar telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional di Tiongkok untuk mengobati masalah perut, dan juga sedang diteliti manfaatnya untuk mengendalikan pertumbuhan kanker.

Bunga mawar adalah lambang cinta dan kecantikan. Seseorang yang memberikan setangkai mawar merah kepada gadis pujaannya berarti mengungkapkan perasaan cinta. Bunga mawar juga merupakan simbol anti-kekerasan dan juga sering dijadikan objek lukisan oleh banyak pelukis. 

Bunga mawar adalah bunga nasional Inggris. Kota Portland di Amerika Serikat setiap tahunnya mengadakan festival bunga mawar sehingga sering disebut sebagai “Kota Bunga mawar.”

mengenal-bunga-mawar-dan-kegunaannya
Previous Post

No more post

mengenal-bunga-mawar-dan-kegunaannya
Next Post

No more post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Admin jika ada keperluan.