Durian Raja Buah yang Kaya Nutrisi dan Manfaat

Durian raja buah

Lezat, lembut, buah durian adalah salah satu buah tropis populer yang dikenal dengan aroma dan rasanya yang unik Durian dikenal luas sebagai “Raja Buah” di banyak negara Asia Tenggara.

Pohon durian berasal dari daerah tropis dan termasuk dalam keluarga Malvaceae , dalam genus: Durio, keluarga besar spesies tanaman yang juga mencakup beberapa kerabat yang menarik seperti okra , biji kakao , kembang sepatu, dan kapas.

Buah durian berasal dari hutan hujan Brunei, Indonesia, dan Malaysia. Meskipun ada sebanyak tiga puluh spesies Durio , hanya sembilan dari mereka yang telah diidentifikasi untuk produksi buah yang dapat dimakan. Pohon durian mulai berbuah empat atau lima tahun setelah tanam. Pohonnya bisa tumbuh setinggi 50 meter, tergantung spesiesnya.

Durian Raja Buah

Durian adalah buah musiman, biasanya dari bulan Juni sampai Agustus, yang bertepatan dengan buah-buahan tropis lainnya seperti manggis , nangka, dan mangga .

Buah durian berbeda dengan ukurannya yang besar, baunya yang khas, dan kulitnya yang berduri. Panjangnya bisa mencapai 30 cm (12 inci) dan diameter 15 cm (6 inci) dan biasanya beratnya satu hingga empat kilogram (dua hingga tujuh pon). Bentuknya bervariasi dari bulat hingga lonjong. Warna kulitnya (kulit) adalah hijau dengan coklat, dan dagingnya memiliki warna kuning krem ​​sampai safron tergantung pada spesiesnya.

Daging durian dapat dikonsumsi pada berbagai tingkat kematangan dan digunakan sebagai bahan penyedap dalam berbagai macam kuliner dan olahan manis dalam masakan Asia Tenggara.

Biji durian berukuran kecil, berbentuk bulat hingga lonjong dan tampak seperti biji nangka. Meskipun biji rebus dapat dimakan dengan aman, banyak yang membuangnya. Bijinya memiliki rasa hambar yang mirip dengan biji nangka.

Dagingnya yang dapat dimakan mengeluarkan bau yang khas, yang dapat digambarkan sebagai kuat dan tajam, dapat dikenali dari jauh bahkan saat kulitnya masih utuh. Bau buah durian yang bau dan menyengat yang tidak biasa ini mungkin telah mendorong banyak orang untuk mengungkapkan pendapat yang beragam dan aneh mulai dari rasa terima kasih yang mendalam hingga menjijikkan!

8 Manfaat Kesehatan Buah Durian yang Menakjubkan

Durian raja buah yang kaya nutrisi dan manfaat

  1. Durian, seperti buah tropis lainnya seperti Pisang , alpukat, dan nangka , kaya akan energi, mineral, dan vitamin. 100 g buah segar mengandung 147 kalori.
  2. Buahnya terbuat dari daging yang lembut dan mudah dicerna yang terbuat dari gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa yang ketika dimakan dapat mengisi kembali energi dan merevitalisasi tubuh secara instan. Meskipun mengandung jumlah lemak yang relatif lebih tinggi di antara buah-buahan, buah ini bebas dari lemak jenuh dan kolesterol.
  3. Durian kaya akan serat makanan, yang menjadikannya pencahar massal yang baik. Kandungan serat membantu melindungi selaput lendir usus besar dengan mengurangi waktu paparan racun. Ini juga membantu mengikat dan menghilangkan bahan kimia penyebab kanker dari usus.
  4. Buah durian merupakan sumber antioksidan vitamin C yang baik (sekitar 33% dari RDA). Konsumsi makanan yang kaya vitamin-C membantu tubuh manusia mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dan mengais radikal bebas berbahaya.
  5. Ini adalah sumber kesehatan yang sangat baik yang bermanfaat bagi kelompok vitamin B-kompleks; fitur langka untuk buah-buahan, seperti niasin, riboflavin, asam pantotenat (vitamin B5), piridoksin (vitamin B-6) dan thiamin (vitamin B-1). Vitamin ini sangat penting bagi tubuh karena membutuhkan mereka dari sumber eksternal untuk mengisi.
  6. Selanjutnya, itu juga mengandung sejumlah mineral seperti mangan, tembaga, besi dan magnesium. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai co-faktor untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase . Tembaga diperlukan dalam produksi sel darah merah. Zat besi sangat penting untuk pembentukan sel darah merah (RBC).
  7. Buah durian segar merupakan sumber potasium yang sangat kaya. Kalium adalah elektrolit penting di dalam sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah.
  8. Selain itu, juga mengandung asam amino esensial tingkat tinggi, triptofan (juga disebut sebagai “pil tidur alam”). Triptofan pada manusia dimetabolisme menjadi serotonin dan melatonin ; dua neurokimia yang memainkan peran penting dalam inisiasi tidur dan menenangkan iritabilitas saraf.

Seleksi dan penyimpanan

Buah durian berasal dari Asia Tenggara. Itu dijual di pasar di seluruh negara-negara Asia Timur dan juga diimpor ke Amerika Serikat dan Eropa. Orang-orang memiliki preferensi yang berbeda mengenai kapan harus makan, sementara beberapa orang menyukai durian yang agak matang dan rasa asam; yang lain mungkin lebih suka menghargai yang lembut dan terlalu matang. Biasanya, buah-buahan matang yang jatuh dari pohon dikumpulkan dan dijual.

Di toko, pilihlah buah durian dengan tangkai yang kokoh. Di luar habitat aslinya, durian termasuk salah satu barang mahal. Beberapa varietasnya, seperti D24 (Sultan), sangat diminati dan memiliki harga yang lebih tinggi. Itu juga dapat disimpan di dalam lemari es selama beberapa hari.

Metode persiapan dan penyajian

Pada bagian luarnya, buah durian dipenuhi duri-duri tajam yang mampu melukai; oleh karena itu, seseorang harus berhati-hati saat menanganinya. Potong buah secara membujur dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan pada Nangka untuk mengekspos daging kuning krem ​​(bubur) yang mendasarinya. Iris dagingnya untuk membuang bijinya.

Berikut adalah beberapa tip penyajian:

  • Buah durian digunakan sebagai bumbu dasar dalam berbagai macam olahan manis seperti permen tradisional Melayu, es kachang, dodol, biskuit, dll.
  • Ini juga digunakan dalam persiapan es krim, milkshake, dan cappuccino.
  • Durian (berdaging kuning dan merah) secara tradisional digunakan untuk menyiapkan bumbu pasta fermentasi (tempoyak) di Malaysia dan Indonesia. Durian fermentasi juga ditambahkan untuk menyiapkan kari ikan tempoyak yang terbuat dari ikan lele air tawar dan pasta durian fermentasi (gulai tempoyak ikan patin).
  • Ikan brengkes, ikan yang dimasak dengan saus berbasis durian, adalah makanan tradisional di pulau-pulau Sumatera di Indonesia.
  • Durian mentah dapat dimasak sebagai sayuran dalam berbagai hidangan.
  • Biji durian yang rasanya mirip dengan biji nangka atau bengkuang bisa dimakan dengan cara direbus atau dipanggang.

You May Also Like