Berapa Budget Membuat Blog WordPress Self Hosting?

Di suasana malam yang hampir sama setiap hari, dihembus semilir angin menusuk pori-pori, lalu menjalar ke relung hati, dan ku menangis … tet teet teett teeeeettt!

Ingin posting tapi nggak tahu mau nulis apa, akhirnya terpikirkan membuat artikel mengenai berapa sih budget atau duit yang dikeluarkan untuk sebuah blog WordPress selfhosting? yang tentunya bervariasi ya tergantung isi kantong ada berapa, mulai dari 100-ribuan sampai jutaan.

Mungkin, di antara kita ada yang berpikir kalau punya blog self hosting itu keren? Atau ada yang berpikiran memakai WordPress selfhosting itu mahal? Tidak sepenuhnya tepat, karena sebuah blog yang dibangun dengan layanan gratisan bisa memiliki nilai value lebih.

Ada banyak faktor mempengaruhi harga, misal dibangun pakai layanan blog gratis yaitu blogspot menggunakan custom domain my.id, tema gratis. Berapa budget awal yang dikeluarkan? Kurang-lebih 15 ribu, tapi si owner-nya gencar membeli backlink (salah satu metode SEO) yang nilainya sampai jutaan.

berapa-budget-wordpress-selfhost

Budget WordPress Selfhosting

Saya beri perbandingan estimasi budget antara blogspot dan wordpress selfhost, tanpa optimasi apapun hanya cukup blog jadi saja. Dengan budget sekian kamu sudah bisa mulai memiliki sebuah blog.

  1. Blogspot + domain + tema premium = 100-500 ribuan (domain 100 ribuan, tema premium 100-400 ribuan).
  2. WordPress selfhost + domain + tema = 200-300 ribu (Hosting 70 ribu + domain 100 ribu + tema 69 ribu)

Estimasi harga di atas benar adanya, kembali lagi ke duit masing-masing, karena harga hosting, domain, tema, sangat beragam. Tapi kok harga selfhosting malah lebih murah? Itu estimasi harga yang dikeluarkan untuk blog saya ini propeciafn.com (wkwkwk), sekali lagi tergantung kantong.

Mungkin juga ada yang bertanya, tema blogspot kok lebih mahal dari tema WordPress? Pada umumnya lebih mahal harga tema WordPress kalau belinya langsung ke developernya atau toko resminya, tapi karena ada banyak seller jual murah, entah karena dia beli lisensi developer lalu dijual lagi atau gimana saya kurang tahu sistemnya.

Ada banyak tema gratis untuk wordpress maupun blogspot, jadi budget bisa dipangkas lagi.

Jadi, untuk memiliki blog itu nggak mahal, bisa menyesuaikan budget, terlebih buat yang pengen coba-coba atau sebagai pemula memulai dengan budget minim. Bayangkan, dengan 200 ribuan kamu bisa memiliki blog keren kayak propeciafn.com

Sudah bayangin? Kalau belum ya sudah.

Saya juga akan merekomendasikan layanan shared hosting murah, seperti ziehost, cepat.cloud keduanya pernah saya coba. Atau ketik saja di pencarian Gugel ‘hosting murah‘ dan untuk domain rata-rata harganya sama. Untuk domain saya pernah coba di rumahweb, exabytes, domainer, atau cari saja ‘promo domain‘ di Gugel.

Catatan jempol: Ya sudah gitu saja, selesai, bye!

Next Post

No more post

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Admin jika ada keperluan.